Ergonomi merupakan cabang ilmu yang mempelajari kesistematisan untuk memanfaatkan informasi-informasi mengenai sifat, untuk merancang suatu sistem kerja sehingga orang dapat hidup dan bekerja dengan baik untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam pekerjaanan dengan efektif, efisien, aman dan nyaman. Berbagai tempat usaha seperti toko, swalayan, supermarket, cafe, restoran maupun bar selalu berusaha untuk meningkatkan layanan mereka agar dapat memberikan kepuasan kepada para pelanggan mereka. Salah satu penerapan ergonomi dapat ditemui dalam minimarket. Meja kasir yang efisien, pilihan barang dagangan yang beragam, harga yang menarik dan tata letak yang dirancang dengan baik adalah beberapa hal yang dilakukan oleh pemilik usaha untuk meningkatkan pelayanan. Peningkatan pelayanan bagi pelanggan yang nantinya akan meningkatkan pendapatan dari usaha tersebut. Meja kasir adalah salah satu bagian penting dari toko yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan yang datang berkunjung dan berbelanja. Salah satu penerapan ergonomi adalah mendesain meja kasir Indomart, adapun tujuan dari perancangan-perancangan tersebut adalah untuk memberikan kenyamanan kerja, meningkatkan keselamatan kerja bagi karyawannya dengan tetap memperhatikan faktor kepuasan pelanggan. Prinsip dasar ergonomi dalam perancangan adalah meningkatkan faktor kenyamanan konsumen dan operator. Faktor kenyamanan yang dimaksud disini berkaitan dengan kepuasan konsumen, yaitu pada saat konsumen menggunakan dan menikmati fasilitas-fasilitas yang tersedia, salah satu fungsi ergonomi adalah penerapan aplikatif untuk mengevaluasi, merancang atau mendesain ulang fasilitas. Contoh 1 hal antropometri yang diamati adalah meja kasir. Meja kasir seharusnya dirancang secara ergonomi demi kenyamanan operator yang bekerja agar tidak mengalami cepat lelah yang tujuan akhirnya adalah peningkatan produktivitas kerja.
            Dalam Meja kasir terdapat 2 bagian inti yaitu, meja komputer dan meja barang. Meja komputer diisi dengan seperangkat komputer : monitor, mouse, cpu, keyboard, dan mesin print. Sedangkan meja barang digunakan untuk menaruh dan memasukan ke kantong plastik keseluruhan belanja konsumen. Selain berfungsi menaruh belanja para konsumen, meja barang terdapat tempat penyimpanan kantong plastik , sedotan, dll. Indomart menerapkan 2 meja kasir digabung menjadi 1 gabungan, mempunyai fungsi untuk menghemat tempat dan tempat yang seharusnya diletakan meja kasir bisa dimanfaatkan untuk menaruh barang-barang yang dipersiapkan untuk dipilih konsumen. Panjang meja kasir indomart secara keseluruhan di  Jalan nusantara Raya no.72 bekasi Timur adalah 243 cm, lebar nya adalah 135 cm dan tinggi meja tersebut adalah 90 cm. Panjang meja komputer sendiri adalah 102 cm dan lebar 65 cm, sedangkan panjang meja barang adalah 102 cm dan lebar 70 cm. Terdapat selisih lebar  antara meja komputer dengan meja barang yaitu 5 cm, ini dikarenakan meja barang memerlukan lebih besar wilayah guna menampung barang belanjaan konsumen yang banyak.
            Antropologi adalah kumpulan data numerik yang berhubungan dengan karakteristik fisik tubuh manusia ( ukuran, volume dan berat) dan penerapan dari data-data tersebut untuk merancang produk. Dalam bidang- bidang yang kita temui, data statistik tentang distribusi dimensi tubuh dari suatu populasi diperlukan untuk menghasilkan produk yang optimal. Dalam perancangan produk, sebelum kita merancang kita harus terlebih dahulu mempelajari data-data antropometri dari manusia yang menjadi objek pemasaran kita. Dari data-data antropometri ini barulah kita mulai memikirkan  memikirkan prinsip 5W + 1H, yaitu (what) meja kasir dengan keunggulan seperti apa yang akan disukai dan sesuai dengan operator dan konsumen, (who) siapa tujuan dari pembuatan meja kasir tersebut , (where) dimana saja bagian-bagian yang sesuai untuk menaruh barang dan komputer, (when) dalam waktu cepat atau lama penggunaan meja kasir yang telah kita rancang dalam kegiatan operasional, (why) mengapa harus meja kasir seperti ini yang harus diciptakan dan sesuai dengan antropometri, dan yang terakhir (how) bagaimana proses- proses nya sehingga dapat menjawab permintaan dan keluhan konsumen dan operator saat ini.
            Secara ergonomi meja kasir Indomart dibuat dengan memperhatikan antropologi. Meja barang = Panjang 102 cm dan lebar 70 cm akan membentuk sudut 45º yaitu ukuran yang masih bisa dijangkau dengan tangan manusia, Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Karna panjang tangan manusia sendiri ±73 cm. Panjang tangan tersebut pas dengan ukuran wadah tempat meja barang untuk memasukan barang ke plastik dan menscan barang. Sedangkan panjang meja komputer adalah 65 cm dan lebar meja komputer 102 cm ukuran meja komputer disesuaikan dengan lebar dan panjang komputer itu sendiri. Perancangan meja kasir secara keseluruhan  merupakan suatu pengaplikasian data antropometri, tetapi masih memerlukan dimensi fungsional yang tidak terdapat pada data statis. Misalnya meja kasir tersebut dapat memudahkan operator dalam gerakan menjangkau, mengambil objek dan mengoperasikan komputer. Tanpa melupakan kesehatan dan keselamatan kerja, maka dirancang meja yang nyaman dan dapat membuat operator bekerja secara maksimal. Tinggi meja disamakan dengan tinggi pinggang yang dapat membebaskan gerak tubuh operator dalam melayani konsumen begitu juga untuk memudahkan konsumen untuk menaruh barang belanjaannya yang hendak di hitung di meja kasir, lebar nya sesuaikan dengan lebar panjang pinggang manusia normal di kali 3 guna menjadikan tempat operasional kasir menjadi lebih luas. Selain fungsinya sebagai meja kasir terdapat fungsi-fungsi lainnya seperti, tempat untuk pemasaran barang-barang swalayan, berupa tempat barisan barang yang terdiri dari 5 rak yang masing –masing rak nya memiliki panjang yang sama dengan panjang meja kasir yaitu 141 cm. Tinggi masing-masing rak antara rak yang satu dengan rak yang lainnya adalah 14 cm sesuai dengan ukuran lebar telapak tangan manusia. Ukuran ini berfungsi untuk memudahkan konsumen dalam mengambil barang yang dibutuhkan pada rak tersebut. Fungsi lainnya adalah untuk tempat menyimpan barang-barang swalayan berupa kantong plastik dan sedotan atau barang-barang lainnya yang dibutuhkan pada saat proses operasional.
bagian-bagian meja kasir

            Setiap produk yang diciptakan pasti memiliki kekurangan, kekurangan bertugas untuk  memperbaiki fungsi meja kasir agar lebih kompleks, sedikit wawancara dengan operator di Indomart tempat saya mengukur, operator mengeluhkan kursi yang disediakan pihak pusat tidak sesuai dengan apa yang diperlukan operator, kursi tidak terdapat senderan duduk yang membuat operator sering merasa pegal punggung saat menunggu konsumen. Saran kedepannya untuk Indomart adalah dalam mendesign produk perlu diperhatikan pula kursi yang sesuai dengan kebutuhan operator yaitu kursi yang terdapat sandarannya, dengan diadakannya kursi ini operator tidak cepat lelah dan tidak perlu bersenderan disembarangan tempat atau sembarang rak yang mengakibatkan tidak optimalkan kerja operator.
            Meja kasir yang tepat akan meningkatkan efisiensi dalam melayani pelanggan saat mereka melakukan pembayaran atas barang belanjaan mereka, juga meja kasir yang tepat adalah meja kasir yang dapat mengoptimalkan secara baik kinerja operator nya. Karna dengan meningkatkan efisiensi meja kasir itu sendiri dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan dalan berkunjung dan datang berbelanja dan dapat mempengaruhi kepuasan operator dalam mengoperasikan alat tersebut secara optimal. 
              Selesailah sepetik artikel penerapan ilmu ergonomi di sekitar saya, wassalamualaikum ☺☺☺☺.

selfie 


Poster ergonomi mesin kasir Indomart

Lokasi Survei = Indomart di Jalan Nusantara no,72 Bekasi Timur.

Komentar